Kamis, 17 Desember 2009

Tujuan Hidup di dunia....

Untuk apa manusia hidup?? Apa yang harus di lakukan manusia??
Banyak orang ketika di tanya tentang tujuan hidup, mereka sama sekali tidak mengerti, sehingga yang mereka jalani di dunia ini tidak tertata dengan baik, hidup tanpa tujuan yang jelas dan pasrah dengan keadaan (kasian de loe..!!)
Di dalam Al quran telah di jelaskan tujuan hidup dan berbagai keinginan manusia dalam kehidupan. Alquran menjelaskan bahwa sebagian manusia menjadikan makanan, kesenangan dunia, perhiasan dan kekayaan yang sifatnya sementara sebagai tujuan hidup mereka..(kira-kira kita termasuk yang mana yeeeee…)
Lanjuuuuut….
Al quran juga menjelaskan bahwa sebagian manusia menjadikan hidupnya untuk menyulut fitnah dan menyuburkan kejahatan. Itulah beberapa gambaran golongan manusia beserta tujuan-tujuan hidupnya
Tahukah anda….Penyakit paling membahayakan dari segolongan manusia khususnya umat Islam adalah mereka tidak tahu tujuan hidupnya yang di tunjuk oleh Allah SWT.
Di dalam Al-qur’an memang di jelaskan bahwa Allah menciptakan manusia dan jin tidak lain untuk beribadah kepada kepada allah (QS.56:51)
Sesunggunya ayat diatas itu belum cukup dan masih ada lagi ayat-ayat Allah selanjutnya sebagai referensi yang jelas tentang tujuan hidup manusia..(Udah ngerti belum..??? Yuk kita bahas….)
Lalu..Apa sesungguhnya tujuan hidup manusia ini di ciptakan oleh Allah swt di bumi ini??? Banyak umat islam yang melakukan shalat 5 kali sehari, dan shalat sunat kemudian melakukan puasa, zakat dan naik haji, mereka merasa tujuan hidupnya sudah tercapai, walaupun ekonomi keluarganya masih lemah atau miskin, mereka berpendapat bahwa kesejahteraan keluarga itu adalah bukan tujuan hidup seorang muslim, maka mereka malas bekerja keras dan malas untuk belajar sungguh-sungguh untuk mensejahterakan kehidupan mereka di bumi ini dengn menguasai ilmu-ilmu pengetahuan (ilmu ekonomi, tekhnologi dan ilmu-ilmu yang lain ..tul ga..?? au ah..)
(…Serius neh…)…Inilah yang menyebabkan keterbelakangan umat islam, padahal dengan jelas Al-qur’an menyebutkan Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu yang lebih tinggi dari pada orang-orang selainnya.
Menurut Alquran, segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi, termasuk manusia, hidup didalam naungan hidayah yang terbentuk secara fitri, yang mengantarkan kita kepada jalan Allah. Dari titik tolak inilah Islam berusaha menggiring pemahaman umat manusia untuk tidak menjadikan dunia ini sebagai persinggahan terakhir, namun sebagai starting point (langkah awal bro..!!) untuk menuju kehidupan selanjutnya yang abadi dan hakiki, yakni akhirat!
Kesimpulannya adalah bahwa tujuan hidup manusia, bukanlah hanya ibadah semata, lebih dari pada itu, tujuan hidup manusia (..menurut penulis..cieeeee..!!) adalah “bekerja untuk Allah” (maksudnye om??)..maksudnya adalah membangun peradaban hidup yang lebih maju dan kuat yang berlandaskan pada ajaran-ajaran agama. Berkerja untuk Allah, tanpa melupakan kewajiban ibadah dan ikhtiar. Hal ini sudah termaktub dalam kitab suci yaitu kitab pedoman hidup manusia di dunia ini agar kita tidak melakukan perbuatan dosa yang tidak di inginkan oleh Allah…Al-Qur’anul Kariem!!
Sabda nabi : beribadahlah kalian seakan-akan kalian mati esok hari, dan berikhtiarlah (untuk hidup) seakan akan kalian hidup selamanya..
So..sebagai orang yang berakal tentu kita harus memanfaatkan anugerah Tuhan yang telah di berikan kepada kita untuk terus berkreasi di muka bumi menjadikan kita orang yang sukses di dunia..dan tentunya tidak melupakan kewajiban kita sebagai makhluk-Nya untuk senantiasa beribadah pada-Nya guna meraih kebahagiaan akhirat.
Intinya…(banyak banget pak..!!) bahwa harus ada keseimbangan antara kesuksesan di dunia dan kebahagiaan di akhirat kelak…(Alhamdulillah selesai juga..cape!!)
Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar